Ketumbar

Ketumbar

87 out of 100 based on 25489 user ratings
45 juta s/d 2.5 milyar listing 2017
Ketumbar Ketumbar Ketumbar, tanaman ketumbar berupa semak, semusim, dengan tinggi sekitar satu meter. Buahnya berbentuk kotak atau bulat, waktu masih muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna kuning kecokelatan. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna cokelat. Berdasarkan ukuran buahnya, ketumbar dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Coriandrum sativum var sativum (ukuran buahnya besar), Coriandrum sativum var microcarpum (ukuran buahnya kecil), dan Coriandrum sativum var indicum(buahnya berbentuk lonjong). Berdasarkan diameter bijinya, ketumbar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Coriandrum sativum var vulgare (diameter biji 3-6 mm) dan Coriandrum sativum var microcarpum (diameter biji 1,5-3 mm). Berdasarkan ekogeografi, terdapat sembilan tipe ketumbar, yaitu tipe Eropa, Afrika Utara, Kaukasia, Asia Tengah, Siria, Etiopia, India, Bhutanic, dan Omanic. Komposisi zat gizi utama per 100 gram biji ketumbar terdiri atas 14,1 g protein; 16,1 g lemak, dan 54,2 g karbohidrat. Sinergi ketiga zat tersebut menghasilkan energi sebanyak 404 kkal per 100 gram bahan. Kadar airnya yang rendah (sekitar 11 persen) dan kehadiran berbagai senyawa kimia alami yang bersifat sebagai pengawet, menjadikan ketumbar tahan disimpan lama pada suhu kamar. Ketumbar juga mengandung aneka mineral dan vitamin. Mineral utama yang terkandung per 100 gram ketumbar adalah kalsium 630 mg, fosfor 370 mg, dan besi 17,9 mg. Kandungan vitamin per 100 gram daun ketumbar terdiri atas vitamin A (6748 SI), vitamin C (27 mg), vitamin K (310 mg), niasin (1,11 mg), dan vitamin E (2,5 mg). Vitamin A bersama dengan vitamin E dan vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan. Tips cara menyimpan yang benar : Bersihkan dari kerikil dan kotoran lain sebelum dipakai. Cuci dan keringkan di sinar matahari sampai kering betul. Simpanlah dalam botol tertutup dan taruh di tempat yang kering.

Ketumbar

Tanaman ketumbar berupa semak, semusim, dengan tinggi sekitar satu meter. Buahnya berbentuk kotak atau bulat, waktu masih muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna kuning kecokelatan. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna cokelat. Berdasarkan ukuran buahnya, ketumbar dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Coriandrum sativum var sativum (ukuran buahnya besar), Coriandrum sativum var microcarpum (ukuran buahnya kecil), dan Coriandrum sativum var indicum(buahnya berbentuk lonjong). Berdasarkan diameter bijinya, ketumbar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Coriandrum sativum var vulgare (diameter biji 3-6 mm) dan Coriandrum sativum var microcarpum (diameter biji 1,5-3 mm). Berdasarkan ekogeografi, terdapat sembilan tipe ketumbar, yaitu tipe Eropa, Afrika Utara, Kaukasia, Asia Tengah, Siria, Etiopia, India, Bhutanic, dan Omanic. Komposisi zat gizi utama per 100 gram biji ketumbar terdiri atas 14,1 g protein; 16,1 g lemak, dan 54,2 g karbohidrat. Sinergi ketiga zat tersebut menghasilkan energi sebanyak 404 kkal per 100 gram bahan. Kadar airnya yang rendah (sekitar 11 persen) dan kehadiran berbagai senyawa kimia alami yang bersifat sebagai pengawet, menjadikan ketumbar tahan disimpan lama pada suhu kamar. Ketumbar juga mengandung aneka mineral dan vitamin. Mineral utama yang terkandung per 100 gram ketumbar adalah kalsium 630 mg, fosfor 370 mg, dan besi 17,9 mg. Kandungan vitamin per 100 gram daun ketumbar terdiri atas vitamin A (6748 SI), vitamin C (27 mg), vitamin K (310 mg), niasin (1,11 mg), dan vitamin E (2,5 mg). Vitamin A bersama dengan vitamin E dan vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan. Tips cara menyimpan yang benar : Bersihkan dari kerikil dan kotoran lain sebelum dipakai. Cuci dan keringkan di sinar matahari sampai kering betul. Simpanlah dalam botol tertutup dan taruh di tempat yang kering. apa itu ketumbar, gizi ketumbar, kandungan gizi ketumbar, ketumbar, komposisi gizi ketumbar, manfaat ketumbar, sumber vitamin ketumbar, tips menyimpan ketumbar, resep masakan, resep jajanan, resep minuman, resep kue, bumbuku, gizi, tips dan trik, masakan indonesia, masakan asia, masakan eropa, masakan amerika
Jumat, 20 Januari 2017

Ketumbar

Kategori Artikel : Bumbuku

celana-dalam-pelangsing

Ketumbar

Tanaman ketumbar berupa semak, semusim, dengan tinggi sekitar satu meter. Buahnya berbentuk kotak atau bulat, waktu masih muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna kuning kecokelatan. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna cokelat.

Berdasarkan ukuran buahnya, ketumbar dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Coriandrum sativum var sativum (ukuran buahnya besar), Coriandrum sativum var microcarpum (ukuran buahnya kecil), dan Coriandrum sativum var indicum(buahnya berbentuk lonjong).
Berdasarkan diameter bijinya, ketumbar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Coriandrum sativum var vulgare (diameter biji 3-6 mm) dan Coriandrum sativum var microcarpum (diameter biji 1,5-3 mm). Berdasarkan ekogeografi, terdapat sembilan tipe ketumbar, yaitu tipe Eropa, Afrika Utara, Kaukasia, Asia Tengah, Siria, Etiopia, India, Bhutanic, dan Omanic.

Komposisi zat gizi utama per 100 gram biji ketumbar terdiri atas 14,1 g protein; 16,1 g lemak, dan 54,2 g karbohidrat. Sinergi ketiga zat tersebut menghasilkan energi sebanyak 404 kkal per 100 gram bahan. Kadar airnya yang rendah (sekitar 11 persen) dan kehadiran berbagai senyawa kimia alami yang bersifat sebagai pengawet, menjadikan ketumbar tahan disimpan lama pada suhu kamar.

Ketumbar juga mengandung aneka mineral dan vitamin. Mineral utama yang terkandung per 100 gram ketumbar adalah kalsium 630 mg, fosfor 370 mg, dan besi 17,9 mg.

Kandungan vitamin per 100 gram daun ketumbar terdiri atas vitamin A (6748 SI), vitamin C (27 mg), vitamin K (310 mg), niasin (1,11 mg), dan vitamin E (2,5 mg). Vitamin A bersama dengan vitamin E dan vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan.

Tips cara menyimpan yang benar : Bersihkan dari kerikil dan kotoran lain sebelum dipakai. Cuci dan keringkan di sinar matahari sampai kering betul. Simpanlah dalam botol tertutup dan taruh di tempat yang kering.